You are currently viewing 5 Solusi Bangun Rumah Menggunakan Beton Risha 

5 Solusi Bangun Rumah Menggunakan Beton Risha 

Solusi alternatif rumah layak huni yang memiliki harga terjangkau yaitu rumah instan sederhana sehat (risha). Rumah ini dirancang menggunakan material yang praktis dan mudah dikerjakan, dengan struktur bangunan terdiri dari tiga macam panel yang terbuat dari bahan beton risha. Terdiri dari campuran semen, kerikil, pasir dengan takaran yang disesuaikan.

Panel 1 pada struktur bangunan rishi ini memiliki tebal 2,5 cm, lebar 30 cm dan tinggi 120 cm dengan bingkai yang mengelilinginya berukuran 6×10 cm. Sedangkan pada panel 2 memiliki tebal 2,5 cm, lebar 20 cm dan tinggi 120 cm dengan bingkai yang mengelilinginya berukuran 6×10 cm.

Sedangkan panel 3 yang lebih berfungsi sebagai penyambung pada bagian sudut ini memiliki tebal 2,5 cm, lebar 30 cm dan tinggi 30 cm dengan bingkai yang mengelilinginya berukuran 6×10 cm. Konsep rumah risha ini berasal dari pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera). Pembangunan ini memiliki tujuan untuk orang dengan berpenghasilan kecil agar bisa memiliki rumah sendiri.

Mengenal Rumah dengan Menggunakan Beton Risha

  1. Berbentuk Seperti Lego

Rumah ini memakai panel-panel beton dan baut sebagai bahan dasarnya, ditambah dengan semen dan bata. Rumah ini juga dibagun dengan waktu yang cepat dan mudah, karena tidak membutuhkan bahan-bahan konvensional dan seperti merangkai lego.

Pengerjaan rumah ini biasanya dibangun oleh 3 tenaga kerja saja dengan ukuran luas rumah yaitu 3×3 meter, dapat diselesaikan dengan waktu 24 jam.

  1. Lebih Tahan Terhadap Goncangan dan Memenuhi SNI

Rumah dengan menggunakan beton risha ini termasuk kedalam rumah tahan terhadap gempa, bahkan dengan kekuatan 8 skala richter. Bahkan bangunan Risha ini sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga tidak diragukan lagi kekokohan dari struktur risha ini. Sehingga konsep bangunan ini juga akan cocok diaplikasikan pada area rawan gempa.

  1. Menggunakan Material Sederhana dan Berkualitas

Konsep rumah risha sendiri menggunakan material yang sederhana yaitu campuran semen, kerikil, dan pasir yang digunakan pada bahan dasar beton bertulang. Walaupun sederhana namun material yang digunakan ini tetap berkualitas.

Material tersebut juga biasanya diaplikasikan untuk lantai, balok loteng dan papan kayu pada bahan standar konstruksi.

  1. Dapat Dikembangkan

Rumah dengan menggunakan beton risha ini sangat mudah untuk dikembangkan, tanpa harus melakukan perubahan pada struktur awal bangunan. Hal ini tentunya akan mempermudah proses menambah luas maupun lantai, sehingga hanya perlu menyesuaikan dengan kapasitas maksimal setiap lantainya.

Biasanya mengubah fungsi ruangan ini juga tidak disarankan, karena lantai rumah risha hanya bisa menampung beban seberat 125 kg/meter persegi saja.

  1. Harga Rumah Risha Tipe 33

Berikut terdapat contoh harga beton risha dengan tipe 33 yaitu :

  • Panel Struktur dengan ukuran 142 meter persegi yang merupakan gabungan P1, P2, dan P3 dengan harga sekitar 14, 2 juta.
  • Panel dinding dengan ukuran 44 meter persegi dan harga 7,04 juta.
  • Panel kusen dengan ukuran 40 meter persegi dan harga 2 juta
  • Daun pintu, kaca, atap, sanitasi dan finishing dengan harga kisaran 24 juta.

Biasanya juga diperlukan biaya tambahan untuk pembuatan atap maupun penyelesaian bangunan agar menjadi sempurna. Ukuran standar dari beton risha ini juga bisa ditambah panel dan diperluas yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Leave a Reply