You are currently viewing Biaya Rumah RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat), Dengan Modal Tak Sampai 50 Juta

Biaya Rumah RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat), Dengan Modal Tak Sampai 50 Juta

Harga hunian yang selalu naik dari tahun ke tahun merupakan satu momok tersendiri bagi generasi muda saat ini bahkan generasi berikutnya. Karena, rata – rata pertambahan nilai penghasilan setiap tahun tidak sebanding dengan kenaikan harga rumah.

Apa Itu Rumah RISHA?

Melihat fakta tersebut, melalui Litbang PUPR, Kementerian PUPR meluncurkan program Rumah Instan Sederhana Sehat atau yang lebih umum disebut Rumah RISHA. Rumah jenis ini mengadopsi teknologi desain modular, dimana konsepnya adalah membagi bagian pokok bangunan dalam bagian – bagian kecil (modul) yang efisien dan untuk mendirikannya bisa dirakit dalam bentuk yang berbeda – beda, serta dapat diubah atau dikembangkan sesuai keinginan dan kebutuhan pemiliknya.

Sebenarnya Rumah RISHA mulai dikembangkan sejak tahun 2004 silam, bahkan di tahun 2005 rumah RISHA sukses diterapkan di Aceh pasca bencana tsunami untuk percepatan pemulihan. Namun baru beberapa tahun belakangan ini menjadi perbincangan, serta masih banyak orang yang merasa belum yakin dengan rumah jenis ini. Padahal sosialisasi dari Litbang PUPR sangat yakin dengan kualitas hingga biaya rumah RISHA yang sangat terjangkau.

Keunggulan Rumah RISHA

Hingga kini rumah RISHA sudah terdapat ratusan ribu unit yang berada di lebih dari 60 wilayah di Indonesia. Akan tetapi jumlah sebanyak itu sebenarnya masih belum bisa memenuhi angka potensi maksimal. Karena, setiap orang bermimpi untuk memiliki rumah sendiri. Tujuannya pun sebenarnya agar orang – orang dengan penghasilan kecil dapat memiliki rumah sendiri.

RISHA adalah jenis rumah yang menerapkan konsep knock down, konsep pembangunannya tidak membutuhkan bata dan semen, aplikator bangunan RISHA hanya menggabungkan panel – panel beton dengan baut. Sehingga pembangunannya tidak memakan banyak waktu dan tidak memerlukan banyak tenaga.

Rumah RISHA sebenarnya bisa menjadi solusi bagi para milenial yang ingin memiliki rumah sendiri, namun terkendala masalah harga. Oleh sebab itu rumah konsep ini dihadirkan, karena biaya rumah RISHA yang sangat terjangkau.

Biaya Pembangunan Rumah RISHA

Mengutip dari laman eproduklitbang.pu.go.id untuk rincian biaya rumah RISHA cukup bervariasi, tergantung ukuran rumah yang akan di bangun. Serta jumlah kebutuhan panel untuk setiap tipe bangunan pun tidak sama. Sebagai contoh, untuk proses pembangunan rumah RISHA tipe 33 membutuhkan:

  • Panel struktur yang terdiri dari panel P1, P2 dan P3 sebanyak 142 meter persegi, dengan nominal harga sekitar 15 juta rupiah.
  • Panel dinding sebanyak 44 meter persegi, dengan nominal harga sekitar 7 juta rupiah.
  • Panel kusen sebanyak 40 meter persegi dengan nominal harga 2 juta rupiah.
  • Kebutuhan atap, kaca, pintu, jendela, hingga finishing, membutuhkan biaya sekitar 24 juta rupiah.
  • Dari perhitungan tersebut, total biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan rumah RISHA tipe 33 adalah sekitar 48 juta rupiah. Nominal tersebut bisa dipangkas lagi hingga menjadi 35 – 38 juta rupiah, jika panel dinding beton di kombinasikan dengan papan gipsum.

Karena menerapkan konsep teknologi khusus, proses pembangunan rumah RISHA hanya dapat dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah terlatih dan tidak bisa dilakukan oleh tenaga umum. Oleh karenanya, pihak Libang PUPR rutin memberikan pelatihan pada kontraktor yang berminat membuka jasa aplikator teknologi pembangunan RISHA, seperti bandungbondowoso.id

Jogja salah satunya. Bagi anda yang berada di Jogja, dan berniat mendirikan bangunan rumah RISHA dengan biaya terjangkau, anda dapat mengunjungi bandungbondowoso.id. Kontraktor atau aplikator bangunan RISHA di Jogja, yang melayani hingga ke seluruh wilayah D.I Yogyakarta dan sekitarnya.

Leave a Reply