You are currently viewing Ingin Membangun Hunian Instan? Pakai, Konsep Rumah Panel Knock Down

Ingin Membangun Hunian Instan? Pakai, Konsep Rumah Panel Knock Down

Hunian termasuk kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi. Sayangnya, harga rumah terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan harganya pun dapat mencapai ratusan hingga miliaran. Hal ini tentu menjadi kecemasan sebagian orang. Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan konsep rumah panel knock down. 

Lantas, Apa Itu Rumah Panel Knock Down ?

Pembangunan rumah sudah pasti membutuhkan budget yang tidak sedikit, tentu dapat memakan banyak waktu dan biaya tak terduga lainnya. Adanya teknologi knock down dari rumah instan sederhana sehat (RISHA), memudahkan agar proses pembangunan dapat berjalan dengan cepat dan efisien. Lama waktu pengerjaannya sekitar 24 jam dan dikerjakan oleh tenaga profesional sebanyak 3 orang.

Proses perancangannya terbilang praktis daripada rumah pada umumnya karena dapat meminimalisir biaya produksi. Dahulu, rumah RISHA memang diperuntukkan bagi masyarakat dengan ekonomi rendah. Sekarang, rumah instan ini mulai menarik minat pengusaha, kaum millennial, hingga masyarakat menengah ke atas.

Rumah panel knock down termasuk hunian ramah lingkungan karena tidak menggunakan material seperti bangunan konvensional lainnya. Hal ini juga berdampak pada biaya pemeliharaan yang minim, sehingga tidak menguras banyak biaya.

Dengan mengusung konsep rumah panel knock down, Anda tidak membutuhkan material yang mahal seperti semen dan bata, tapi menggabungkan panel beton dan baut saja. Untuk struktur utamanya, menggunakan bahan beton bertulang yang terbuat dari campuran semen, pasir, hingga batu kerikil. Sedangkan lantai menggunakan balok loteng dan papan kayu sebagai konstruksinya.

Tersedia pula panel kotak, panel kolom, dan panel siku (digunakan untuk mengunci setiap rangka bagian pojok). Ketiga panel memiliki lubang mur dan baut yang digunakan untuk menyambungkan setiap panel lainnya.

Kelebihan Rumah Berkonsep Panel Knock Down

Sesuai dengan namanya, rumah ini sangat efisien dengan mengusung konsep bahwa setiap komponennya bersifat knock down system. Hal ini menyerupai sebuah permainan lego yang dapat dipasang dan dibongkar kembali.

Beberapa kelebihan di antaranya, dapat dikembangkan ke arah horizontal atau vertikal sampai 2 lantai, proses pemasangan membutuhkan sekitar 24 jam, ekonomis, ramah lingkungan, desainnya fleksibel menyesuaikan kreativitas arsitek, dan bersifat movable. Selain untuk rumah, Anda juga bisa memodifikasinya sebagai kantor, rumah sakit, villa, dan masih banyak lagi.

Meskipun materialnya terbilang murah, ternyata kualitasnya terjamin aman. Proses pembangunan juga berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), sehingga Anda tidak perlu cemas akan kualitas bangunannya. Bangunan tersebut dapat bertahan dari wilayah rawan gempa dengan kekuatan hingga 8 skala richter. Bahkan, rumah panel knock down sudah banyak dibangun pada daerah paska gempa, seperti Aceh.

Selain Memiliki Kelebihan, Ternyata Ada Kekurangan

Walaupun mempunyai segudang kelebihan, tentu ada kekurangan yang menjadi bahan pertimbangan. Pertama, rumah instan sederhana sehat memiliki ukuran yang relatif kecil, proses perawatannya membutuhkan materiil khusus, dan materialnya juga tidak dijual bebas.

Selain itu, komponennya yang mengikuti ukuran modular akan berpengaruh pada denahnya. Alhasil, desainnya sedikit kaku karena ukurannya hanya berkisar 3 meter dan 1,5 meter. Bila Anda memiliki luas lahan di luar ukuran tersebut, maka akan sulit.

Daya tahan setiap meter perseginya hanya mencapai beban maksimal 125 kg, sehingga tidak disarankan untuk menampung banyak barang maupun ditempati dengan anggota keluarga yang relatif besar. Meski begitu, rumah panel knock down masih menjadi pilihan bagi sebagian kalangan. Bila berminat, bisa langsung mengunjungi halaman situs rumah panel knock down RISHA di bandungbondowoso.id dan buat rumah impian Anda sekarang juga!

Leave a Reply