You are currently viewing Kenalan Yuk Dengan Teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat

Kenalan Yuk Dengan Teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat

Apakah anda sudah pernah mendengar tentang risha? Risha yaitu singkatan dari Rumah Instan Sederhana Sehat, atau Ini pertama kalinya bagi anda mengetahui tentang perumahan Risha ini? Jika iya mari kita bahas selengkapnya Apa itu rumah instan sederhana sehat (RISHA)

Tentang Risha

Rumah instan sederhana sehat atau disingkat Risha merupakan rumah yang dikembangakan oleh balai penelitian dan pengembangan (Litbang) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggunakan sistem konstruksi dengan material yang praktis sehingga proses pembangunan rumah tidak membutuhkan waktu lama.

Karena pembangunnya yang singkat maka rumah ini disebut rumah dengan teknologi instan. Rumah hasil pengembangan PUPR dengan harga terjangkau ini diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2006 yang lalu di Aceh.

Saat itu Risha dipilih untuk menanggulangi para korban tsunami dan dibangun sebanyak 11.000 unit dengan dirancang sedemikian rupa hingga memenuhi standar nasional Indonesia (SNI). Risha dibuat dengan teknologi knock down yaitu teknologi yang memungkinkan rumah ini bisa dibongkar pasang.

Dirancang lebih fleksibel dari rumah pada umumnya karena setiap komponen rumah ini mengacu kepada ukuran modular, rumah risha pun lebih Hemat karena tidak banyak menggunakan bahan bangunan.

Hingga saat ini rumah Risha sudah dibangun sebanyak 60.000 unit yang tersebar di seluruh Indonesia, Adapun target rumah risha ini adalah kelas menengah ke bawah (MBR).

Komponen tentang risha

Rumah risha dibuat dengan tiga komponen utama yaitu P1, P2 dan P3, panel dinding dan juga kusen. Dalam membuat 1 unit rumah risha dibutuhkan sekitar 40 panel diantaranya ;

  1. Panel P1 sebanyak 24 unit
  2. Panel P2 sebanyak 8 unit
  3. Panel P3 yang berfungsi sebagai penyambung atau simpul sebanyak 8 unit

Panel P1 dibuat dengan frame ukuran 6×10 cm , dengan tinggi 120 cm, dan lebar 20 cm, dengan ketebalan 2,5 cm.

Sedangkan untuk panel P3 atau yang biasa disebut simpul dibuat dengan frame ukuran 6×10 cm, dengan ketebalan 2,5 cm, mempunyai tinggi 30 cm dan lebar 30 cm.

Untuk membuat rumah risha tipe 33 hanya dibutuhkan bahan bangunan seperti

  1. Panel kusen
  2. Panel dinding
  3. Panel struktur
  4. Kaca, atap, sanitar, daun pintu, dan kebutuhan lain untuk proses finishing

Bahan bangunan di atas tidak memerlukan biaya yang besar sehingga untuk membuat rumah risha tipe 33 memerlukan budget sekitar 50 juta Rupiah.

Angka ini jelas sangat jauh jika dibandingkan dengan pembangunan rumah biasa, untuk tipe 33 dalam membangun rumah umum diperlukan biaya hingga ratusan juta rupiah, terlihat sekali bukan perbedaannya? Rumah Risa jauh lebih efisien dan hemat budget.

Cara kerja pembangunan Rumah Risha

Pembangunan rumah ini tidak menggunakan batu bata seperti pembangunan rumah lainnya, material utamanya adalah beton bertulang. Cara membangunnya dikerjakan dalam 2 tempat, yang pertama industri komponen dan yang kedua install di site.

Jika lokasi pembangunan sudah matang dan komponen sudah siap, maka selanjutnya adalah merakit rumah tersebut diatas tempat pembangunan atau disebut juga dengan install site. Karena keunikannya rumah risha tidak hanya diminati oleh para MBR saja, namun oleh kebanyakan orang lainnya.

Antusias dari para pengguna produk rumah risha ini pun cukup baik, kebanyakan mereka membeli produk ini untuk digunakan dalam pembangunan Villa. Jika anda tertarik dengan rumah unik ini dan ingin lebih tahu spesifikasi jelasnya tentang risha Anda bisa mengunjungi website resmi kami di www.bandungbondowoso.id.

Sekian informasi mengenai tentang risha ini, semoga bisa menjadi angin segar bagi Anda yang bermimpi punya rumah sendiri.

Leave a Reply