You are currently viewing Mari Mengenal Perbedaan Risha dan Domus, Alternatif Rumah yang Bisa Dipilih Untuk Ditinggali

Mari Mengenal Perbedaan Risha dan Domus, Alternatif Rumah yang Bisa Dipilih Untuk Ditinggali

Memiliki rumah sendiri merupakan keinginan setiap orang, hanya saja untuk mewujudkannya tidaklah mudah. Kebanyakan orang sulit mewujudkan impian untuk memiliki rumah sendiri karena harga yang sangat tinggi.

Namun sekarang ini, telah hadir alternatif bagi Anda yang ingin membangun rumah sendiri yaitu Risha dan Domus. Kali ini kita akan bahas mengenai keduanya yang akan membuat Anda mengetahui perbedaan rumah Risha dan Domus dan menjadikannya bahan pertimbangan sebelum membangun rumah sendiri.

Apa yang Dimaksud Dengan Rumah RISHA?

RISHA merupakan akronim dari Rumah Instan Sederhana Sehat, yang dibuat dengan tujuan agar orang dengan penghasilan kecil dapat memiliki rumah sendiri.

Apa Keunggulan Dari Rumah RISHA?

Rumah RISHA memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:

  • Dibangun Dengan Cepat dan Mudah 

Kelebihan rumah RISHA yang pertama adalah proses pembangunannya yang dapat berlangsung dengan cepat. Hal ini bisa terjadi karena rumah ini tidak dibangun dengan menggunakan bata dan semen melainkan baut dan panel beton.

  • Dibuat Tahan Gempa

Rumah RISHA memiliki struktur yang mampu menahan gempa dengan kekuatan 8 skala richter. Oleh karena itu RISHA kerap digunakan sebagai pengganti rumah yang hancur di wilayah yang pernah terkena gempa.

RISHA juga telah dibuat dengan memenuhi standar SNI

  • Didirikan Dengan Menggunakan Material yang Sederhana Namun Berkualitas

Material yang digunakan untuk membangun RISHA memang bukanlah material yang mahal. Namun bukan berarti material tersebut buruk, sebab RISHA menggunakan beton yang dibuat dari campuran kerikil, semen dan pasir untuk material struktur.

Sementara untuk lantai, material yang digunakan sebagai konstruksi adalah papan kayu dan balok loteng.

Dasarnya, terdapat 3 panel penyusun RISHA yaitu berbentuk balok, berbentuk kolom dan berbentuk siku.

  • Mudah Untuk Dikembangkan

Rumah RISHA bisa dibilang merupakan tipe rumah yang membuat pemiliknya mudah untuk mengembangkan rumah miliknya.

Akan tetapi, meskipun terbilang mudah untuk dikembangkan, Anda tetap perlu memperhatikan kapasitas maksimal yang dapat ditanggung oleh RISHA yaitu 125 kg/meter persegi.

Apa yang Dimaksud dengan Rumah DOMUS?

Rumah DOMUS adalah rumah permanen yang dapat dibangun dalam waktu singkat dengan menggunakan metode nonkonvensional.

Apa Keunggulan dari Rumah DOMUS?

Keunggulan dari rumah DOMUS adalah sebagai berikut:

  • Efisien

Karena DOMUS dibuat dari material prefabrikasi atau cetak, proses pembangunannya terbilang efisien karena tidak membutuhkan banyak waktu.

  • Secara Lokasi Lebih Fleksibel

Rumah DOMUS boleh dibilang fleksibel karena cocok didirikan baik di perkotaan maupun pedesaan.

  • Dibangun Menggunakan Material Unggulan

Domus dibangun menggunakan material unggulan seperti bata ringan yang lebih tahan terhadap tekanan serta logam tahan karat yang tidak mudah lapuk.

  • Memiliki Harga yang Terjangkau

Rumah DOMUS bisa dibilang lebih terjangkau dibanding rumah konvensional. Harga satu unit rumah DOMUS tipe 21 ada di kisaran 19 sampai 54 juta rupiah.

Apa Perbedaan Rumah RISHA dan Domus?

Sekilas, Anda tidak akan melihat perbedaan antara rumah RISHA dan DOMUS karena keduanya merupakan rumah terjangkau yang dibuat dengan bahan yang kuat dan tahan gempa. Namun keduanya juga memiliki perbedaan yaitu konsep dimana RISHA dibuat sebagai rumah instan yang mudah dikembangkan, sementara DOMUS adalah rumah permanen.

Itulah informasi dan perbedaan antara rumah RISHA dan DOMUS bagi Anda yang ingin membangun rumah namun memiliki biaya yang terbatas. Bagi Anda yang tinggal di kota Yogyakarta dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang RISHA, maka Anda bisa mengunjungi website kami di bandungbondowoso.id.

Apakah Anda sudah memutuskan rumah jenis apa yang ingin Anda bangun?

Leave a Reply