You are currently viewing Membangun Rumah Ruspin, Inovasi Rumah Murah Nan Kokoh

Membangun Rumah Ruspin, Inovasi Rumah Murah Nan Kokoh

Memiliki hunian yang layak adalah impian semua orang, namun hambatannya pada saat ini adalah harga tanah dan harga rumah yang sangat melambung tinggi. Sehingga tidak semua orang bisa mewujudkan keinginannya untuk memiliki rumah.

Anda bisa melihat betapa banyaknya fenomena dimana masyarakat yang tidak mampu membangun rumah kemudian harus tinggal di menumpang atau bahkan tinggal di kolong jembatan. Hal ini membuat pemerintah prihatin dan kemudian membuat inovasi rumah yang murah namun kokoh untuk masyarakat. Program rumah ini disebut sebagai RUSPIN atau Rumah Unggul Sistem Panel Instan.

Pernahkah Anda mendengar tentang RUSPIN ini? Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan istilah Ruspin namun sebenarnya sudah ada ribuan rumah Ruspin yang dibangun di seluruh Indonesia.

Mengenal Tentang Ruspin

Ruspin ini merupakan rumah yang dibangun tanpa menggunakan batu bata sama sekali. Lalu dengan apa rumah ini dibangun? Rumah Ruspin ini dibangun dengan menggunakan panel beton pracetak yang kemudian disatukan menggunakan baut. Apakah rumah seperti itu kuat? Tentu saja, karena rumah Ruspin ini sudah diuji hingga mendapatkan jaminan tahan gempa. Rumah Ruspin ini merupakan sebuah rumah yang dikembangkan oleh Balitbang Dinas PUPR, sebagai sebuah inovasi untuk rumah yang murah dan mudah bagi masyarakat Indonesia. Karena memang biaya untuk membangun rumah Ruspin ini jauh lebih murah daripada membangun rumah yang biasanya dan pengerjaannya pun sangat mudah serta cepat. Hanya dalam waktu 1 hari saja, maka rumah tipe 36 bisa selesai dibangun dan digunakan.

Proses Pembangunan Ruspin

Ketika Ruspin ini dibangun maka akan melalui 3 proses yaitu :

  • Pembuatan

Bahan untuk membuat komponen panel beton ini ada beberapa jenis, seperti beton, semen, baut sambungan, wire dan lainnya. Nantinya bahan-bahan tersebut akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan pembangunan rumah. Biasanya pembuatan komponen ini bisa disesuaikan dengan rancangan atau desain rumah yang ada, sehingga dengan demikian Anda tetap bisa membuat rumah yang indah dan bagus sesuai dengan keinginan Anda menggunakan Ruspin.  Pembentukan bahan itu disebut juga sebagai penulangan. Kemudian dilakukan tahap pengecoran dan pemadatan. Setelah terlihat padat, hasilnya akan diperiksa dan jika sudah memenuhi syarat barulah akan dibawa ke lokasi pembangunan.

  • Perakitan

Saat komponen yang dibuat untuk membangun rumah sudah selesai dibuat maka selanjutnya adalah tahap perakitan. Namun untuk merakitnya, bangunan ini nantinya tetap membutuhkan fondasi. Pada tahan pembuatan fondasi rumah Ruspin ini sama halnya dengan pembuatan fondasi rumah yang biasa. Dengan adanya fondasi maka Ruspin akan lebih kokoh berdiri. Setelah selesai membuat fondasi, maka tahapan selanjutnya adalah proses perakitan komponen yang akan dilaksanakan dengan menggunakan baut.

  • Pemeriksaan

Tentunya untuk memastikan agar rumah Ruspin ini sudah kokoh dan siap digunakan maka membutuhkan pemeriksaan akhir untuk mengetahui apakah semua baut sudah terpasang dengan baik, begitu juga dengan komponen lainnya harus sudah sesuai dengan pembangunan.

Untuk Anda yang tertarik membangun rumah Ruspin di wilayah DIY sekitarnya, maka sebaiknya Anda mengunjungi Risha.co.id untuk mendapatkan informasi lengkap seputar pembangunannya, biaya yang dibutuhkan dan lain sebagainya. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membangun rumah Ruspin. Pastinya admin bandungbondowoso.id akan membantu Anda dengan senang hati, selain itu pada web tersebut juga memiliki banyak sekali penjelasan mendetail mengenai pembangunan rumah Ruspin tersebut.

Leave a Reply